Saturday, December 29, 2007

Biodata Leo Kristi

BIODATA
Nama : Leo Imam Sukarno (Leo Kristi)
Lahir : Surabaya, 8 Agustus 1949
Agama : Islam

Pendidikan :
SD Kristen, Surabaya (1961)
SMP IV, Surabaya (1964)
SMA I, Surabaya (1967)
Fakultas Teknik Institut Teknologi Surabaya (tidak selesai, 1971)
Kursus Musik Dasar Tino Kerdijk
Kursus gitar pada Poei Sing Gwan dan Oei Siok Gwan

Karir :
1. Penjual buku Groliers American Books
2. Karyawan pabrik cat Texmura
3. Penyanyi di restoran China Oriental dan Chez Rose (1974-1975)
4. Menyanyi di LIA dan Goethe Institut

Discography:

1. Nyanyian Fajar (1975)
2. Nyanyian Malam (1976)
3. Nyanyian Tanah Merdeka (1977)
4. Nyanyian Cinta (1978)
5. Lintasan Biru Emas dan Potret Kecil Citra Negeriku (1984)
6. Biru Emas Bintang Tani (1985)

Alamat Rumah :
Jalan Maret 6, Surabaya

BIOGRAFI
Di masa kecilnya, hampir tiap pagi menjelang subuh Leo terbiasa dibuai irama musik. Ayahnya, Raden Ngabei Iman Soebiantoro, pensiunan pegawai negeri, kebetulan pemain musik. Di pagi yang dingin itu, dari kamar ayah dan ibunya, selalu terdengar musik lembut. Anak kedua dari empat bersaudara ini sejak di SD aktif dalam kegiatan menyanyi di gereja, bagian dari kegiatan sekolahnya yang Kristen, padahal ia sendiri bergama Islam. Di SMP ia mendapat sebuah gitar dari ayahnya. Lalu kursus dengan Tony Kardijk, Direktur Sekolah Musik Rakyat di Surabaya. Untuk menyanyi ia belajar pada Nuri Hidayat dan John Topan. Di SMA I Surabaya, ia tidak lepas dari kewajiban berbaris dan menyanyikan lagu-lagu perjuangan di bawah Tugu Pahlawan atas ketentuan kepala sekolah.
Musik Leo, yang lahir atas nama grup Konser Rakyat Leo Kristi semula bersama Naniel, Mung, dan penyanyi Tatiek dan Yayuk, lantas mengubah barisan dengan anggota Ote, Komang, Cok Bagus, dan penyanyi kakak beradik Yana dan Nana van Derkley, selain Mung yang masih tetap. Menyenandungkan balada, semangat cinta bangsa, dan kisah-kisah rakyat yang lebih banyak dalam irama folk, country, dan didukung dengan lirik-lirik yang puitis.
Hampir tidak pernah absen dalam beberapa kali pementasan dalam memperingati Hari Kemerdekaan 17 Agustus di Taman Ismail Marzuki
Jakarta, grup Leo juga telah menghasilkan beberapa album. Di antaranya Nyanyian Fajar, Nyanyian Malam, Nyanyian Tanah Merdeka, Nyanyian Cinta, Biru Emas Bintang Tani, dan Lintasan Hijau Hitam. Bagi grup Leo, rekaman lebih merupakan paket dokumentasi perkembangan musik mereka.

No comments: